Pages

Senin, 28 Januari 2013

Primary care of physical therapy


Primary care of physical therapy
Taken from Primary care for physical therapist.

Definini dari primary care menurut WHO pada tahun 1978 mealui international conference on Primary Health care para partisipan sepakat bahwa pelayanan utama dari fisioterapi adalah
1.  Mengetahui level pelayanan dasar yang ddiberikan dalam sistem kesehatan baik pelayanan dari paling awal maupun pelayanan secara umum untuk personal / populasi.
2.   Pendekatan yang dilakukan dalam pelayanan harus sesuai dengan permasalahan utama. Berperan tidak hanya promotive, preventive, kuratif, dan rehabilitattif sesuai dengan pelayanan yang dibutuhkan.
Seorang terapi umumnya selalu melihat serta mempertimbangkan dari secondary health daripada primary carenya. WHO mendefinisikan secondary health sebagai consultative(konsultasi saja), short term(jangka pendek), dan berorientasi pada penyakit…. yang bertujuan membantu seorang dokter.
Fisioterapis berfokus pada funsional yang berlawanan dengan penyakit, namun mereka sendiri yang mempunyai otonomi kusus untuk menidentifikasi pasien dengan kondisi neuromoskular yang merka alami. Melalui keseluruhan tahapan baik promosi, pencegahan, dan penanganan untuk individu dengan fungsional limitation dan disability. Masih ada argument yang tetap selalu ada apakah fisioterpis bisa melakukan primary care ataukah secondary helth care.
Jika kita melihat di US united state dokter keluarga, dokter penyakit dalam, dan dokter anak paling berperan besar dalam primary care ada pula pelayanan yang sekalanya lebih kecil spesialisasinya kususnya dokter kandungan dan dokter kecantikan.
Akhir akhir ini asisten dokter dan perawat menjadi anggota yang penting dalam pelayanan team primary care, terutama berhubungan dengan management dari kondisi general medical.
Primary care dibedakan menjadi beberapa penggolongan meliputi 3 konsep yaitu kelengkapannya, koordinasi, dan kontuinitas. Sebagai tenaga kesehata yang professional utnuk memberikan pelayanan primary care team koordinasi dan kontiunitas lebih diutamakan.



0 komentar:

Posting Komentar