Pages

Kamis, 12 April 2012

“Sedikit Tentang Pengaruh Latihan pada Otot “ taken from Lauralee Sherwood.


     Latihan apabila dilakukan secara kontinu dapat berakibat pada penambahan jumlah serat serat otot. Semakin banyak serat serat otot maka ini mempengaruhi pula tegangan yang dihasilkan oleh otot tersebut. Beberapa serat serat otot itu diatur oleh satu neuron  motorik(unit motorik)contohnya saja otot otot pada paha mengandung sekitar 1.500 sampai 2.000 serat serat otot. Pertemuan antara serat serat otot dengan neuron saraf ini disebut sebagai neuro junction.
                Kekuatan dari konstraksi otot otot ditentukan pula oleh neuro motorik yang mengatur beberapa jumlah serat serat otot. Semakin banyak neuro motor yang direkrut (banyak)maka kekuatan kontraksi dari otot itu sendiri akan semakin besar(rekrutmen unit motorik). Jadi semakin banyak kita melakukan latihan maka kekuatan, ketegangan, serat serat  dari otot akan bertambah pula. Namun ada kalanya otot mengalami fase kelelahan, fase ini sebenarnya adalah kondisi dimana otot tidak mampu mempertahankan ketegangan maupun ketidakmampuan dari neuro motor untuk melakukan konstraksi.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi ketegangan dari serat otot:
1.       Ketebalan dari serat serat otot 
2.       Panjang serat serat otot
3.     3.    Kondisi kelelahan dari serat otot dan
4.       Frekuensi rangsang yang di berikan
                Frekuensi rangsang itu mampu mempengaruhi ketegangan yang dilakukan serat serat otot. Kaitannya hal ini otot dapat mengalami kondisi yang dinamakan tetanus(bukan penyakit tetanus ya) dan kedutan.Kedua hal ini sangat di pengaruhi oleh stimulus rangsang yang diberikan. Kondisi tetanus akan terjadi apabila rangsangan diberikan pada saat serat serat otot itu belum sempat  melakukan kondisi istirahat atau relaksasi sehingga berakibat pada konsraksi maksimum . Sedangkan kedutan akan terjadi apabila rangsangan yang diberikan setelah serat serat mengalami relaksasi pada rangsangan pertama tetapi langsung di stimulasi kembali  meskipun telah melakukan relaksasi sempurna. 

0 komentar:

Posting Komentar